Senin, 15 Oktober 2012

Desain Pemodelan Grafik

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu "Desain Pemodelan Grafik". Istilah ini banyak digunakan dalam perancangan suatu karya ataupun objek yang mempunyai nilai seni. Selain itu Desain Pemodelan Grafik memiliki kaitan yang sangat erat dengan arsitektur ataupun perancangan. Terdiri dari 3 suku kata yaitu "Desain", "Pemodelan", dan "Grafik" yang memiliki arti berbeda-beda dan jika disatukan memiliki suatu pengertian baru..
 
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl-H4vwgpd_lH07jEbi5YA3PpWcECvqY0XE3QOaNGqyLcBwgd08Ge89J2oHPKewX4_nWDMVTU9Y6Q4_-JHSpzUHcsMEDAWrCCxAo46VShocYaZ9WtcD_lud5L0dishyphenhyphen12s5snqnMbG1MGc/s320/4.JPG
 
Yang pertama "Desain", yaitu dapat diartikan sebagai seni terapan yang kreatif, dan erat hubungannya dengan arsitektur. "Desain" merupakan hasil akhir dari proses penciptaan obyek baru, baik itu masih berwujud sebuah rencana maupun bentuk obyek nyata dengan memperhatikan berbagai aspek yang meliputi aspek fungsi, estetik, dan aspek-aspek lainnya.
 
 Selanjutnya "Pemodelan", adalah sesuatu yang menjelaskan sebuah objek, sistem maupun konsep yang dapat berupa bentuk fisik, visualisasi maupun rumusan matematis yang dapat dijadikan tolak ukur yang diterapkan dalam dunia nyata.
 
Kemudian "Grafik", yang dapat mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 2 dimensi(2D) maupun 3 dimensi(3D). Grafik sering disebut sebagai bagan, diagram, chart ataupun yang lainnya. Berfungsi untuk memberikam penjelasan kepada pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik yang baik adalah grafik yang penyajiannya tidak menggunakan kata-kata yang bertele-tele agar memudahkan pembaca grafik, maka dari itu sangan perlu diperhatikan dalam bentuk visualisasi grafik dalam sebuah lembar kerja.
 
 
 
 Dalam membuat suatu desain pemodelan grafik, kita dapat memilih teknik manipulasi gambar (visual) secara digital. Yaitu vektor dan bitmap yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
 
 
 Adapun beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membuat model objek yang meliputi metode membuat data yang mendeskripsikan objek, tujuan, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, senyamanan, serta kemudahan manipulasi model.

Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
  • Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  • Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  • Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
  • Graphics Library/package : perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Kesimpulan :
Setelah melihat dari jabaran diatas, maka "Desain Pemodelan Grafik" merupakan gabungan dari kata "Desain" yang memiliki pengertian yaitu suatu visualisasi karya seni, kemudian kata "Pemodelan" berarti penerapan dalam bentuk nyata, sedangkan "Grafik" adalah medianya. Jadi dapat saya tarik kesimpulan Desain Pemodelan Grafik adalah penerapan visualisasi karya seni dengan menggunakan media elektronik atau komputer dan dibantu dengan software grafis tentunya dalam pembuatan model objek tersebut.


Referensi :
http://freenewspaperonline.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_grafik_info2124.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain
http://www.isaveme.web.id/2012/01/desain-pemodelan-grafik.html
https://www.google.co.id/search?q=desain+pemodelan+grafik+adalah&hl=en&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&prmd=imvns&biw=1360&bih=663&um=1&ie=UTF-8&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl-H4vwgpd_lH07jEbi5YA3PpWcECvqY0XE3QOaNGqyLcBwgd08Ge89J2oHPKewX4_nWDMVTU9Y6Q4_-JHSpzUHcsMEDAWrCCxAo46VShocYaZ9WtcD_lud5L0dishyphenhyphen12s5snqnMbG1MGc/s320/4.JPG
http://sarahnurfitri.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik-teknologi.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar