Sabtu, 17 Mei 2014

Paralel Processing





Seiring berkembang sangat pesatnya teknologi prosesor, komputer sekuensial tetap akan mengalami keterbatasan dalam hal kecepatan pemrosesannya. Hal ini menyebabkan lahirnya konsep keparalelan (paralelism) untuk menangani masalah dan aplikasi yang membutuhkan kecepatan pemrosesan yang sangat tinggi.

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.

Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah.

Penggunaan komputasi paralel prosessing merupakan pilihan yang cukup handal untuk saat ini untuk pengolahan data yang besar dan banyak, hal ini apabila dibandingkan dengan membeli suatu super komputer yang harganya sangat mahal maka penggunaan komputasi paralel prosessing merupakan pilihan yang sangat tepat untuk pengolahan data tersebut.

Komputasi paralel adalah melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU/Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi.


Menurut M.J. Flynn model Komputasi paralel berdasarkan alur instruksi dan alur data yang digunakan dibedakan menjadi 4 :
1) SISD (Single Instruction stream Single Data stream), ini prosesor tunggal, yang bukan paralel.
SISD merupakan Komputer tunggal yang mempunyai satu unit kontrol, satu unit prosesor dan satu unit memori.


2) SIMD (Single Instruction stream Multiple Data stream), alur instruksi yang sama dijalankan terhadap banyak alur data yang berbeda.
SIMD merupakan Komputer yang mempunyai beberapa unit prosesor di bawah satu supervisi satu unit common control. Setiap prosesor menerima instruksi yang sama dari unit kontrol, tetapi beroperasi pada data yang berbeda.


3) MIMD (Multiple Instruction stream Multiple Data stream), alur instruksinya banyak, alur datanya juga banyak, tapi masing-masing bisa berinteraksi.
MIMD adalah Organisasi komputer yang memiliki kemampuan untuk memproses beberapa program dalam waktu yang sama. Pada umumnya multiprosesor dan multikomputer termasuk dalam kategori ini.


4) MISD (Multiple Instruction stream Single Data stream), alur instruksinya banyak tapi beroperasi pada data yang sama.
Sampai saat ini struktur ini masih merupakan struktur teoritis dan belum ada komputer dengan model ini.


Hubungan antara Komputasi Modern dengan Parallel Processing
Terus berkembangnya komputasi, tentunya akan berpengaruh terhadap penggunaan hardware dan software yang digunakan untuk komputasi tersebut. Sehingga hal ini membuat adanya sebuah evolusi mesin yang digunakan untuk pemrosesan tersebut untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

Hubungannya adalah penggunaan komputer saat ini / komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Oleh sebab itu, peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja komputer semakin cepat.


Contoh perusahaan yang menggunakan Paralel Processing
PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.
"Andal PayMaster 2014 menggunakan parallel processing yang mampu menghadirkan proses 80% lebih cepat dari solusi sebelumnya. Didukung oleh software pendukung seperti Andal Kiosk dan Andal Linkage, solusi terbaru dari Andal Software tersebut tentu saja akan mampu meningkatkan efisiensi bisnis, baik dari segi waktu maupun biaya.
Sebagai solusi penggajian terbaru, Andal PayMaster 2014 disiapkan untuk mengatasi permasalahan utama dari sistem penggajian dalam perusahaan yang ada saat ini. Andal PayMaster 2014, dengan dukungan Andal Kiosk dan Andal Linkage, mampu memecahkan masalah penggajian seperti pencatatan penggantian shift, lembur, dan pendataan absensi pegawai melalui sistem terintegrasi yang juga dilengkapi dengan kemampuan parallel processing untuk memberikan efisiensi pengolahan data."

Kesimpulan:
Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. 

Paralel Processing adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Sehingga dapat disimpulkan bahwa computer yang menggunakan parallel processing di dalamnya merupakan salah satu komputasi modern. Parallel processing biasanya menggunakan ukuran memory dalam jumlah yang besar. Sudah jelas bahwa parallel processing merupakan bagian dari komputasi modern.

Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan waktu yang lebih singkat dibanding komputasi tunggal.




Referensi :
http://www.scribd.com/doc/32982265/Parallel-Processing
http://staffsite.gunadarma.ac.id/ernas/index.php?stateid=files&xcat_id=0.1
http://jo-ardianto.blogspot.com/2013/05/komputasi-modern-parallel-processing.html
http://www.jagatreview.com/2013/08/andal-software-siap-hadirkan-solusi-dengan-dukungan-parallel-processing/
http://id.wikipedia.org/wiki/PayPal
http://ghani.gxrg.org/2011/04/01/kinerja-komputasi-dengan-parallel-processing/








Tidak ada komentar :

Posting Komentar