1. Dalam
hal apa data berbeda dari informasi?
a. Data
adalah output dan informasi adalah input
b.
Informasi
adalah output dan data adalah input
c. Data
adalah bagian yang bermakna dari informasi
d. Tidak
ada perbedaan
2. Berikut
ini mana yang bukan merupakan karakteristik yang membuat suatu informasi
berguna?
a. Andal
b. Tepat
waktu
c.
Tidak
mahal
d. Relevan
3. Berikut
ini mana yang merupakan aktivitas utama dalam rantai nilai?
a. Pembelian
(purchasing)
b. Akuntansi
c.
Pelayanan
purna jual
d. Manajemen
SDM
4. Manajemen
tingkat atas secara terus menerus menekankan dan mendukung investasi yang
ditujukan untuk memperbaiki efisiensi proses manufaktur. Fokus seperti ini
mencerminkan strategi apa?
a. Diferensiasi
produk
b.
Biaya
rendah (low-cost)
c. Posisi
strategis berdasarkan kebutuhan (needs-based)
d. Posisi
strategis berdasarkan keanekaragaman (variety-based)
5. Berikut
ini manakah yang bukan merupakan cara suatu informasi untuk memperbaiki proses
pengambilan keputusan?
a.
Peningkatan
kelebihan informasi (information overload)
b. Pengurangan
ketidakpastian
c. Memberikan
umpan balik (feedback) tentang efektivitas keputusan terdahulu
d. Mengidentifikasikan
situasi yang membutuhkan tindakan manajemen
6. Di
dalam konsep rantai nilai meningkatkan teknologi informasi dinggap aktivitas
apa?
a. Aktivitas
utama
b.
Aktivitas
pendukung
c. Aktivitas
pelayanan
d. Aktivitas
terstruktur
7. Karyawan
di tingkat manajemen yang lebih rendah akan lebih mungkin membuat keputusan
apa?
a. Keputusan
terstruktur yang melibatkan perencanaan strategis
b. Keputusan
tidak terstruktur yang melibatkan pengendalian manajemen
c.
Keputusan
terstruktur yang melibatkan pengendalian operasional
d. Keputusan
tidak terstruktur yang melibatkan perencanaan strategis
8. Berikut
ini mana yang merupakan fungsi SIA?
a. Mengurangi
kebutuhan untuk mengidentifikasikan strategi dan posisi strategis
b.
Mengubah
data menjadi informasi yang berguna
c. Mengalokasikan
sumber daya organisasional
d. Mengotomatisasikan
pengambilan keputusan
9. Perusahaan,
para pemasok, dan pelanggannya secara bersama-sama membentuk apa?
a.
Rantai
suplai
b. Rantai
nilai
c. Sistem
ERP
d. SIA
10. Sebuah
perusahaan yang memfokuskan suatu pemasarannya pada sebagian populasi tertentu
mengikuti posisi strategis yang mana?
a. Posisi
strategis berdasarkan keanekaragaman (variety-based)
b.
Posisi
strategis berdasarkan kebutuhan (needs-based)
c. Posisi
strategis berdasarkan akses (access-based)
d. Posisi
strategis biaya rendah (low-cost)
11. Siklus
manakah yang terdiri serangkaian yang melibatkan interaksi antara organisasi
dan pemasok?
a.
Siklus pendapatan
b. Siklus pengeluaran
c.
Siklus SDM
d.
Buku besar dan siklus pelaporan
12. Seluruh
informasi (nama,IP, jurusan, dll) tentang seorang mahasiswa disimpan di dalam
apa?
a.
File
b.
Record
c.
Atribut
d. Field
13. Berikut
ini manakah yang berisi jumlah total seluruh persediaaan yang dimiliki
perusahaan?
a.
Dokumen sumber
b. Buku besar
c.
Anggaran kas
d.
Buku pembantu
14. Berikut
ini manakah yang paling mungkin merupakan akun buku besar?
a. Piutang
b.
Kas kecil
c.
Sewa bayar di muka
d.
Laba ditahan
15. Berikut
ini manakah yang berguna untuk memperkirakan kebutuhan pinjaman jangka pendek?
a.
Laporan laba rugi
b.
Laporan kinerja
c. Anggaran kas
d.
Neraca
16. Laporan
apakah yang berisi tujuan-tujuan dalam bentuk ukuran keuangan?
a.
Laporan kinerja
b.
Laporan keuangan
c. Anggaran
d.
Daftar akun
17. Bagaimana
cara daftar akun mengurut akun-akun buku besar?
a.
Urutan abjad
b.
Urutan kronologis
c.
Urutan berdasarkan ukuran
d. Berdasar urutan kemunculan di laporan
keuangan
18. Berikut
ini manakah yang merupakan cara terbaik untuk mengimbangi pemisahan tugas yang
tidak memadai?
a.
Memberi nomor terlebih dahulu ke semua dokumen
sumber
b.
Mempersiapkan laporan anggaran dan kinerja
c. Secara langsung melibatkan pemilik ke dalam
fungsi-fungsi kunci
d.
Mempertahankan praktik pengontrakan kerja yang
baik
19. Berikut
ini manakah yang merupakan salah satu dari ketiga fungsi SIA?
a. Memproses informasi secara efisien
b.
Memberikan pemisahan tugas yang memadai
c.
Mendesain laporan yang mudah dibaca
d.
Membuat daftar akun
20. Mencatat
informasi tentang sumber daya yang dipengaruhi, mencatat pelaku yang terlibat
di dalamnya, dan mencatat fakta-fakta tiap kegiatan saat kegiatan tersebut
terjadi, menunjuk pada apa?
a.
Proses batch
b.
Proses
on-line, real-time
c.
Sistem buku besar dan pelaporan
d.
Daftar akun
21. Singkatan
manakah yang memiliki arti perusahaan yang menyewa software untuk akses jarak
jauh melalui internet?
a. ESP
b. FVAN
c. VPN
d.
ASP
22. Mengirimkan
data pengiriman uang dan pembayaran bersama-sama secara elektronik merujuk
pada?
a. EDI
b. EFT
c. FVAN
d.
FEDI
23. Berikut
ini manakah yang merupakan contoh transaksi e-commerce?
a. Memungkinkan
para pegawai mengakses data kompensasi mereka melalui internet perusahaan.
b. Mempergunakan
intranet untuk mendesain produk baru
c.
Memesan
barang dagangan melalui website pemasok
d. Menyediakan
bantuan otomatis untuk isu-isu yang berkaitan dengan masalah desain kertas
kerja (spreadsheet)
24. Berikutnya
ini manakah yang bukan merupakan salah satu dari tiga karakteristik dasar yang
harus ada dalam setiap transaksi bisnis?
a. Validitas
b.
Permanen
c. Integritas
d. Privasi
25. Berikut
ini pendekatan enkripsi manakah yang secara teoritis lebih aman, tetapi juga
lebih lambat?
a. Kunci
rahasia
b. Data
encryption standard
c.
Public
key infrastructure
d. FEDI
26. Berikut
ini jenis jaringan manakah yang dipergunakan untuk menyediakan akses terbatas
dan terkendali ke data operasional internal bagi para rekan dagang?
a. Intranet
b.
Ekstranet
c. DDP
d. WAN
27. Berikut
ini konfigurasi LAN manakah yang menghubungkan seluruh peralatan langsung ke
komputer pengelola (host computer)
a. Cincin
b.
Bintang
c. Bus
d. DDP
28. Berikut
ini manakah yang melibatkan penggunaan enkripsi dan internet utnuk membuat
hubungan yang aman antara dua rekan dagang?
a. EDI
b. LAN
c. WAN
d.
VPN
29. Berikut
ini manakah yang dapat dipergunakan untuk membuktikan bahwa suatu pihak memang
terlibat dalam transaksi elektronik dan karenanya menimbulkan kontrak?
a. Segel
website
b. Pihak
yang berwenang memberikan sertifikasi
c.
Tanda
tangan digital
d. Sertifikasi digital
30. Berikut
ini protokol manakah yang menjanjikan utnuk memberikan manfaat EDI bagi perusahaan
kecil dan perusahaan yang berukuran sedang?
a. TCP
b.
BXML
c. IP
d. HTML
31. Model
data relasional melihat data disimpan sebagai?
a. Hierarki
b.
Tabel-tabel
c. Objek-objek
d. File-file
32. Berikut
ini manakah yang merupakan file utama (master file)?
a. Faktur
penjualan
b.
Seluruh
pemasok
c. Pesanan
pembelian
d. Pembayaran
tunai (cash disbursement)
33. Disebut
apa setiap baris dalam database relasional?
a. Hubungan(relation)
b. Atribut
c. Catatan
(record)
d.
Tuple
34. Berikut
ini manakah yang merupakan tampilan database pemakai individual?
a. Skema
tingkat konseptual (conseptual-level schema)
b.
Skema
tingkat eksternal (external-level schema)
c. Skema
tingkat internal (internal-level schema)
d. Skema
tingkat logis (logical-level schema)
35. Berikut
ini manakah yang tampaknya akan dipergunakan manajer untuk mendapatkan informasi
mengenai penjualan dalam bulan Oktober?
a. DML
b. DSL
c. DDL
d.
DQL
36. Berikut
ini manakah atribut yang tampaknya dapat dipergunakan menjadi kunci utama
(primary key)?
a. Nama
pemasok
b.
Nomor
pemasok
c. Kode
pos pemasok
d. Saldo
rekening pemasok
37. Berikut
ini manakah yang merupakan software program yang menjalankan sistem database?
a. DQL
b.
DBMS
c. DML
d. DDL
38. Syarat
yang menyebutkan bahwa seluruh kunci utama (primary key) tidak boleh berisi
nilai nol, merujuk pada jawaban mana dibawah ini?
a. Peraturan
integritas referensial
b.
Peraturan
integritas entitas
c. Peraturan
normalisasi
d. Peraturan
model data relasional
39. Syarat
yang mengharuskan seluruh kunci luar (foreign key) memiliki nilai nol atau
nilai kunci utama (primary key) di dalam tabel lainnya, merujuk pada jawaban
mana dibawah ini?
a.
Peraturan
integritas referensial
b. Peraturan
integritas entitas
c. Peraturan
normalisasi
d. Peraturan
model data relasional
40. Berikut
ini atribut manakah dalam tabel tanda terima pembayaran tunai (mewakili
pembayaran yang diterima dari pelanggana) yang akan dapat dipergunakan sebagai
kunci luar (foreign key)?
a. Nomor
tanda terima pembayaran tunai
b. Nomor
cek pelanggan
c.
Nomor
pelanggan
d. Tanggal
tanda terima pembayaran tunai
41. Berikut
ini manakah yang bukan merupakan sumber daya dalam model data REA?
a. Kas
b.
Piutang
c. Persediaan
d. Peralatan
42. Berikut
ini manakah yang bukan merupakan jenis entitas dalam model data REA?
a. Pelanggan
b. Penjualan
c.
Faktur
d. Truk
pengiriman barang
43. Jenis
Kardanalitas hubungan mana yang harus diimplementasikan dalam database
relasional sebagai tabel terpisah?
a. Hubungan
satu ke satu
b. Hubungan
satu ke banyak
c.
Hubungan
banyak ke banyak
d. Semua
hubungan di atas
44. Jika
perusahaan membayar semua pembelian yang dibuatnya dengan cek yang terpisah dan
tidak melakukan pembayaran secara cicilan, maka hubungan antara pembayaran kas
dan pembelian akan dimodel menjadi?
a.
Hubungan
satu ke satu
b. Hubungan
satu ke banyak
c. Hubungan
banyak ke banyak
d. Hubungan
bayar penuh (paid in full relationship)
45. Rangkaian
kardanalitas mana yang secara akurat memodel penjualan barang yang diproduksi
secara masal dengan biaya rendah oleh toko retail?
a. Persediaan
(0,N) – (0,N) Penjualan
b.
Persediaan
(0,N) – (1,N) Penjualan
c. Persediaan
(1,N) – (1,N) Penjualan
d. Persediaan
(1,N) – (1,N) Penjualan
46. Pembuatan
model data terjadi dalam desain database pada tahap?
a. Perencanaan
dan analisis persyaratan
b.
Analisis
persyaratan dan desain
c. Desain
dan pengkodean
d. Pengkodean
dan implementasi
47. Suatu
perusahaan ingin menyimpan informasi mengenai pemasok saat ini dan pemasok
pengganti. Rangkaian pasangan kardanalitas manakah yang menunjukkan hal tersebut?
a. Pembelian
(0,N) – (0,1) Pemasok
b. Pembelian
(1,N) – (1,1) Pemasok
c. Pembelian
(0,1) – (1,N) Pemasok
d.
Pembelian
(1,1) – (0,N) Pemasok
48. Kunci
hubungan banyak ke banyak antara kegiatan penjualan dan persediaan adalah?
a. Nomor
faktur
b. Nomor
barang
c.
Nomor
faktur dan nomor barang
d. Nomor
faktur dan nomor barang
49. Manakah
dari pernyataan berikut ini yang bener mengenai model data REA?
a.
Setiap
kegiatan harus dihubungkan dengan minimal dua pelaku
b. Setiap
hubungan harus diimplimentasikan sebagai tabel relasional
c. Setiap
kegiatan harus dihubungkan dengan minimal dua sumber daya
d. Setiap
pelaku harus dihubungkan dengan minimal dua kegiatan
50. Mana
dari elemen model data REA berikut ini yang harus diimplementasikan sebagai
tabel dalam database relasional?
a. Sumber
daya
b. Kegiatan
c. Pelaku
d.
Semua
yang di atas
51. Berikut
ini manakah yang diwakili oleh DFD?
a. Hubungan
antara input yang diwakili oleh DFD
b.
Arus
data di dalam sebuah organisasi
c. Aturan
keputusan di dalam sebuah program komputer
d. Konfigurasi
perangkat keras (hardware) komputer
52. Metode-metode
dokumentasi, seperti DFD dan bagan alir, menghemat baik waktu dan uang, dengan
menambah nilai untuk organisasi?
a.
Benar
b. Salah
53. Berikut
ini pernyataan manakah yang salah?
a. Bagan
alir menggunakan banyak simbol
b. Suatu
bagan alir menekankan arus dokumen atau catatan yang berisi data
c.
DFD
membantu menunjukkan waktu kegiatan
d. Baik
a dan b salah.
54. DFD
terdiri dari empat elemen dasar berikut: sumber dan tujuan data, arus data,
proses transformasi, serta penyimpanan data. Setiap elemen diwakili oleh sebuah
simbol, di dalam DFD.
a.
Benar
b. Salah
55. Berikut
ini manakah yang bukan merupakan salah satu dari petunjuk yang harus diikuti
dalam memberikan nama elemen-elemn data DFD?
a. Apabila
sebuah nama tidak dapat mendeskripsikan secara lengkap data atau prosesnya,
maka bagilah arus atau proses tersebut lebih jauh.
b. Pastikan
bahwa nama-nama tersebut mendeskripsikan seluruh data atau proses.
c.
Berikan
nama hanya pada elemen-elemen DFD yang paling penting.
d. Pilih
nama yang menggunakan kata kerja katif dan bersifat deskriptif.
56. Pemahaman
atas keahlian dokumentasi yang dibutuhkan akuntan berbeda-beda, tergantung pada
fungsi pekerjaannya. Akan tetapi, mereka paling tidak harus mampu melaksanakan
hal-hal yang mana di bawah ini?
a.
Membaca
dokumentasi untuk menetapkan bagaimana cara sistem bekerja.
b. Memberi
kritik dan melakukan perbaikan atas dokumentasi yang disiapkan oleh orang lain
c. Mempersiapkan
dokumentasi untuk sistem informasi yang baru dikembangkan.
d. Mengajarkan
orang lain bagaimana cara mempersiapkan dokumentasi.
57. Berikut
ini pernyataan manakah yang salah?
a. Bagan
alir adalah teknik analisis yang dipergunakan untuk mendeskripsikan beberapa
aspek sistem informasi secara jelas, ringkas dan logis.
b. Bagan
alir menggunakan serangkaian simbol standar untuk mendeskripsikan secara
visualarus dokumen dan data yang melalui sebuah sistem.
c. Bagan
alir akan mudah dipersiapkan dan direvisi ketika desainer menggunakan software
bagan alir.
d.
Bagan
alir sistem adalah perwakilan naratif dari sebuah sistem informasi
e. Bagan
alir program memperlihatkan logika yang dipergunakan di dalam program komputer.
58. Berikut
ini bagan alir manakah yang mengilustrasikan arus informasi di antara berbagai
bidang tanggung jawab dalam sebuah organisasi?
a. Bagan
alir program
b. Diagram
konfigurasi komputer
c. Bagan
alir sistem
d.
Bagan
alir dokumen
59. Berikut
ini manakah yang bukan merupakan salah satu dari petunjuk yang direkomendasikan
untuk membuat bagan alir lebih dapat dibaca, jelas, ringkas, konsisten, dan
dapat dipahami?
a. Bagi
bagan alir ke dalam kolom-kolom dan beri nama.
b.
Buat
bagan alir seluruh arus informasi, terutama prosedur pengecualian dan
kesalahan-kesalahan rutin.
c. Ddesain
bagan alir agar arusnya berawal dari atas ke bawah, dan dari kiri ke kanan.
d. Setiap
simbol pemrosesan manual harus memiliki sebuah input dan output.
60. Sumber
dan tujuan data diwakili di dalam diagram arus data (DFD) sebagai?
a.
Bujur
sangkar
b. Anak
panah melengkung
c. Lingkaran
d. Dua
garis paralel
e. Tidak
satupun di atas
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.