Minggu, 31 Oktober 2010

Analisis Fitur Studentsite (http://www.studentsite.gunadarma.ac.id/)

     Studentsite merupakan fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma akan saling mendapatkan informasi antara bidang akademik Universitas Gunadarma.

     Mahasiswa bisa membaca berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas. Selain itu, segala berita akademis yang bersumber dari BAAK juga dapat dipantau dalam suatu fitur STUDENT SITE.

Fitur di studentsite antara lain :
1. Locker
Seperti halnya loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi si pemilik, fitur LOCKER ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka “LOCKER”, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.

2. Address Book
Dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email gunadarma dari mahasiswa yang bersangkutan.

3. Calendar
Fitur ini memungkinkan si mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan.

4. File Manager
Mahasiswa dapat menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya.

5. Forum
Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini. Fitur lain yang satu haluan dengan fitur FORUM, adalah POLLS. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.

6. Bookmark
Fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.

7. Fitur Perkuliahan
Portofolio berguna dalam mahasiswa mengirimkan tugas dan tulisan sebagai mata kuliah soft skill.
Lecture message merupakan pesan dari dosen pengajar, biasanya berupa pemberian tugas.
Jadwal perkuliahan dan jadwal ujian juga terdapat dalam studentsite ini.
dan berbagai fitur perkuliahan lainnya.

8.Portal sites
Terdapat beberapa situs akademik lain didalamnya seperti BAAK, Wartawarga, blog komunitas, dll.
9. Lain-lain
Mahasiswa juga memperoleh fasilitas email dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan STUDENT SITE, sehingga si mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya.


Keunggulan Studentsite:
Dalam dunia akademik di bidang perkuliahan studentsite cukup membantu dalam memberikan informasi dan fasilitas lainnya dalam basis web. Hal ini mempermudah mahasiswa karena informasi yang akan dikirim atau diterima bisa dilihat kapan saja dan dimana saja. Studentsite juga mempraktiskan dalam pengiriman tugas melalui UG portofolio. Informasi uptodate juga bisa didapatkan seperti yang tersambung dalam BAAKnews, info seminar, dsb.

Kekurangan studentsite:
Tampilan dari studentsite masih kurang menarik, begitu juga fitur didalamnya masih belum bisa digunakan secara maksimal. Terkadang studentsite tidak bisa dibuka dalam waktu tertentu mungkin karena adanya kesalahan server. Dan berbagai kendala lainnya yang terkadang ada beberapa mahasiswa yang tmasih tidak mengetahui kegunaan dari fitur tersebut karena tidak diberikan tutorial yang cukup, sehingga setiap mahasiswa yang login ke stusentsite merasa cepat sekali bosan dan lebih memilih untuk cepat-cepat logout.

Pesan:
Sedikit saran dari saya ada baiknya jika tampilan dan menu layanan diubah menjadi lebih menarik lagi. Mungkin jika dibuat tambahan fitur seperti facebook di dalam studentsite.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.gunadarma.ac.id/
http://www.studentsite.gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar