Minggu, 09 Januari 2011

Potensi Jasmani Manusia(bagian 2)

     Pada hakikatnya semua manusia yang lahir memiliki potensi jasmani. Potensi jasmani merupakan potensi manusia secara fisik yang jika diolah akan dapat memunculkan suatu kelebihan pada orang itu sendiri. Dengan banyak berlatih manusia dapat memperoleh suatu kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya. Cara mengembangkan potensi jasmani yang baik adalah dengan cara berolahraga. Dengan berolah raga kita dapat mengembangkan berbagai macam jenis dari olah raga. Misalnya saja dalam bermain sepak bola, dengan potensi manusia yang dimiliki oleh Roberto Carlos(Pemain sepak bola profesional) dapat menendang bola yang berbentuk kulit bundar dengan keras dan tendangan tersebut dapat membuat bola itu membelok atau disebut juga sebagai tendangan pisang. Setiap orang belum tentu dapat melakukan tendangan tersebut. Akan tetapi dengan banyak berlatih, pasti semua orang dapat melakukan tendangan tersebut. Kecuali bagi orang yang memiliki kecacatan fisik.

     Memaksimalkan potensi jasmani kita sebenarnya tidaklah sulit. Dengan bermodalkan suatu tekad dan keinginan dari setiap individu itu sudah cukup untuk mengubah suatu potensi menjadi sebuah prestasi. Akan tetapi manusia cenderung kurang memahami suatu potensi yang ada pada dirinya, sehingga potensi tersebut hanya dibiarkan begitu saja dan sampai ikut terkubur setelah jasadnya mati. Potensi jasmani banyak di biarkan begitu saja karena banyak orang yang tidak rutin untuk melatihnya. Karena dalam memaksimalkannya juga membutuhkan kekuatan fisik yang memadai.

     Semua manusia memiliki batas dari potensi jasmaninya masing-masing. Tidak semua potensi yang dimiliki oleh manusia itu sama seperti orang lain. Kekuatan fisik dari setiap individu pun berbeda. Dimulai dari tingkat jenis kelamin, kekuatan fisik laki-laki jauh lebih besar dibandingkan perempuan, sehingga laki-laki lebih unggul dalam urusan potensi jasmani. Selain itu sifat keturunan dan kebiasaan dari aktivitas seseorang juga mempengaruhi suatu individu untuk memaksimalkan potensinya.

     Dengan berolah raga secara rutin maka secara tidak langsung kita akan mendapatkan kesejahteraan jasmaniah diantaranya tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu tubuh kita juga akan terlihat lebih menarik karena dengan berolah raga maka wajah kita akan terlihat segar. Oleh karena itu Allah swt. menciptakan kita memang penuh dengan kenikmatan yang terkira. Tanpa meminta, Allah telah memberikan berbagai potensi jasmani yang tanpa kita sadari melimpah dalam tubuh ini. Bukan sesuatu yang mustahil juga dengan memaksimalkan potensi jasmani kita dapat memperoleh prestasi seperti atlet-atlet yang menjuarai olimpiade internasional. Dan tidak terlepas juga kita selalu mensyukuri semua nikmat yang telah dikaruniai oleh Allah.

Referensi :
http://belajarbareng.unimedcenter.org/repositori/fik/ilmu-keolahragaan/273-pendidikan-jasmani-dan-olahraga.html
http://hyd182.wordpress.com/
http://www.google.co.id/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar