Senin, 10 Januari 2011

Potensi Rohani Manusia(bagian 2)

     Didalam tubuh kita tentu saja terdapat ruh yang mengendalikan, membangun dan mengatur segala perbuatan yang kita lakukan. Oleh karena itu manusia diciptakan oleh Allah swt disebut sebagai makhluk rohani. Ruh yang diberikan oleh Allah memiliki banyak sekali potensi rohani yang dapat didayagunakan untuk memperoleh manfaat yang positif dalam kehidupannya. Akan tetapi kebanyakan orang belum menggunakannya secara optimal dan intensif untuk kepentingan dan kebutuhan khususnya dalam beribadah. Manusia dengan potensi rohaninya akan sudah pasti akan bermuara pada kata humanisme dan religius.

      Dikatakan humanisme karena dengan melakukan tindakan dengan kebutuhan rohani kita tentu saja membutuhkan peran dari orang lain. Dengan kata memberi dan menerima merupakan dasar dari humanis. Dengan memberi atau menerima sesuatu dari dan kepada orang lain tidaklah mungkin dilakukan sendiri. Sungguh indah bukan, jika hidup kita dilengkapi dengan membagi dan memberi serta menerima baik menerima kehadiran seseorang yang tentu saja dengan menghadapi dengan mengambil dari sisi positif maupun menerima segala kekurangan orang lain.

     Dan dikatakan religius karena rohani sangat erat berhubungan dengan masalah ketuhanan. Selain bergembira dan kasih sayang, tidaklah lengkap jika hidup tanpa beribadah kepada tuhan yang telah menciptakan kita. Dengan memaksimalkan potensi yang ada di dalam rohani kita tentulah memiliki sangat banyak sekali manfaat baik bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Meskipun banyak sekali orang yang tidak mengetahui akan hal ini, akan tetapi tanpa disadari setiap manusia telah melakukannya meskipun tidak maksimal.

     Potensi rohani selalu berhubungan dengan perasaan jiwa seseorang. Diantaranya perasaan senang, bahagia, gembira, sedih, kasih sayang, dan lain-lain. Dengan memaksimalkan potensi rohani, kita bukan hanya dapat membuat diri kita sendiri menjadi lebih baik, akan tetapi orang yang ada di sekitar kita pun akan terkena manfaatnya. Misalnya dikalangan teman maupun keluarga. Akan tetapi yang paling utama dari potensi rohani adalah cara kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang selalu tuhan berikan kepada kita. Dengan begitu maka hidup kita akan semakin indah untuk dijalani.


Referensi :
http://www.mail-archive.com/media-dakwah@yahoogroups.com/msg02016.html
http://darowi.wordpress.com/2010/02/28/potensi-rohani/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar