Minggu, 12 Mei 2013

Konsol Game Portable NVIDIA Project Shield



Dalam waktu dekat ini NVIDIA, sebuah brand atau merek yang biasa kita dengar dalam hardware VGA telah merilis sebuah konsol game portable bernama NVIDIA Project Shield. Konsol game ini bersifat portable dan merupakan salah satu produknya untuk menyaingi para pendahulunya yaitu Nitendo-Wii dan Sony PlayStation-Portable. 

NVIDIA telah membuat hardware yang mendorong ekosistem mobile dan PC plus aspek software seperti menghabiskan sumber daya pengembangan untuk menghadirkan game yang dioptimalkan untuk Tegra di Tegra Zone, dan melakukan sertifikasi game PC di bawah program NVIDIA TWIMTBP, belum lagi driver yang bekerja di belakang layar untuk memastikan semua hardware dan software bekerja. 





Inilah alasannya NVIDIA berada dalam posisi unik untuk memperbesar keunggulannya dan memperkenalkan solusi seperti Project Shield untuk menjembatani beragam kebutuhan pengguna dan mungkin, cara baru berinteraksi.



Spesifikasi

Prosesor  :  NVIDIA Tegra 4

OS  :  Android murni  (tanpa skin), versi 4.1 or 4.2 saat peluncuran

Layar  : LCD IPS multi touch 5 inci dengan backlit LED, resolusi 720p (spesifikasi PPI sama seperti iPhone 5)

Kontrol  : stik analog ganda, satu D-pad, enam tombol kontrol, lima tombol digital dan trigger analog ganda

Konektivitas  :  micro-HDMI, microSD, output audio, Wi-Fi (802.11n)

Penyimpanan  : tidak diungkapkan, tapi akan hadir dalam dua pilihan pada saat peluncuran

Dimensi  : tidak diungkapkan, tapi tak lebih besar dari game pad dengan layar lipat.

Berat  : 454 gram

Usia baterai  : 5 hingga 10 jam untuk gaming berbasis Android, 10 hingga 20 jam untuk gaming berbasis PC.

Ketersediaan  : Kuartal 2, 2013 di Amerika Utara (wilayah lain menyusul setelahnya)



Perangkat gaming handheld Project Shield dibekali prosesor Tegra 4 termutakhir dan akan berbasis sistem operasi Android murni. Konon perangkat ini akan mengusung Android Jelly Bean (4.1) atau generasi selanjutnya (4.2), tergantung pada mana yang teruji lebih baik dan siap diluncurkan. Karenanya, Anda bisa melakukan apa yang bisa dilakukan smartphone atau tablet Android dan hanya dibatasi ekosistem aplikasi di Google Play. Begitu banyak kemungkinan. Dengan layar multi-touch dan beragam tombol kontrol analog/digital, pilihan interaksi pun semakin banyak.





Pada Konsol game portable ini yang paling membuat banyak orang berdecak kagum adalah ditanamkannya NVIDIA Tegra 4 dengan 72 core GPU untuk meningkatkan performa gaming 3x lipat dibanding Tegra 3. Beberapa game yang akan tersedia untuk konsol game portable ini adalah :


  • Blood Sword: Sword of Ruin THD adalah salah satu game RPG bergenre Action & Adventure. Cara memainkannya adalah dengan gaya hack and slash. Karakter utama kita juga bisa leveling dan melawan boss yang epic. Game ini menjanjikan efek suara yang dinamis, kualitas grafis 3D kelas atas dan perubahan sudut pandang menjadi orang ketiga ketika melawan boss.



  • Real Boxing merupakan game Sport tinju yang sebenarnya sudah ada terlebih dahulu untuk iOS tapi menurut beberapa orang yang langsung menghadiri CES 2013 kemarin versi Tegra 4-nya terlihat jauh lebih baik dari versi iOSnya.


  • Sonic The Hedgehog 4 Episode II kita tentu saja mengetahui game Sonic, mulai dari SEGA sampai X-Box yang memainkannya dengan sebuah joystik.




  • Dead Trigger 2 mempunyai lingkungan yang jauh lebih luas dan juga detail sehingga pengalaman bermainnya semakin mendekati console. Lingkungan yang luas ini juga dimanfaatkan dengan sangat baik lewat tipe monster yang baru,kita tidak akan sadar ada zombie sebesar bangunan lantai 4 yang kamu bisa tembak dengan turret. Menurut para tester, efek animasi jatuhnya monster zombie raksasa ini sangat keren.


Aspek lainnya yang menarik adalah ia memungkinkan Anda menikmati game bersama teman tanpa harus memiliki game itu. Misalnya, Anda bisa berkunjung ke rumah teman dan jika dia memiliki sistem berbasis NVIDIA, perangkat Shield bisa menggunakan PC mereka sebagai host dan menikmati game yang belum Anda miliki dan kalian bisa bermain game yang sama bersama. Jika teman Anda juga memiliki perangkat Shield, kalian bisa bermain jauh dari PC (selama ada sinyal Wi-Fi kuat).



Harga belum diketahui saat ini tapi ketersediaan kini dijadwalkan pada kuartal kedua 2013 untuk diluncurkan di Amerika Utara dan wilayah lainnya menyusul. 










Tidak ada komentar :

Posting Komentar