Jumat, 17 Mei 2013

Sony PlayStation 4



Siapa yang tak kenal dengan kata "PlayStation"? Yap sedikit nostalgia dengan masa kecil saya yang sering bermain PlayStation sebagai sarana media hiburan selingan setelah lelah pulang sekolah maupun menghabiskan akhir pekan hingga waktu liburan. Tidak terasa PlayStation telah mencapai generasi terbarunya yaitu PlayStation 4.

PlayStation 4 akan berfungsi lebih sebagai home entertaiment hub dibanding konsol-konsol yang sebelumnya telah mereka rilis yang berfokus pada kemampuan perangkat kerasnya untuk terhubung dan berbagi dengan sejumlah perangkat mobile

Nilai jual utama dari PS4 bukanlah spesifikasi yang “wah” seperti yang sebelumnya dirumorkan bahwa PS4 akan menggunakan prosesor eight-core AMD64, namun lebih kepada cara bermain game yang baru, sesuatu yang juga dilakukan oleh Nintendo.

Sony juga menggunakan kartu grafis milik AMD, yakni Radeon versi teranyar. Kartu grafis ini diklaim mampu menghasilkan performa terbaik hingga 1,84 teraflops.

Inilah spesifikasi lengkapnya:

  • Prosesor single-chip, 8-core x86-64 AMD Jaguar CPU, dan GPU next-gen AMD Radeon 1.84 TFLOPS
  • Memori 8GB GDDR5
  • Built-in hard drive: 6x Blu-Ray dan 8x DVD drive
  • USB 3.0 dan port auxiliary
  • Gigabit Ethernet, 802.11 b/g/n Wi-Fi, and Bluetooth 2.1
  • HDMI, analog AV-out, dan optical S/PDIF audio output
  • DualShock 4 controller, dengan capacitive touchpad, gyroscope 3 axis, accelerometer 3 axis, vibration, light bar dengan LEDs 3 warna, mono speaker, micro USB port, stereo headset port, extension port, 1000mAh battery
  • PlayStation 4 Eye camera, dengan dua buah kamera 1280 x 800, lensa fixed f/2.0, 85-degree field of view, 30cm minimum focusing distance, four-channel microphone array

PlayStation 4 dibuat berdasarkan aritektur PC supercharged, dengan prosesor X86, diperkuat dengan GPU, memiliki memori internal GDDR5 sebesar 8 GB. Tak lupa, Sony juga turut memperkenalkan "stik PS" teranyar untuk PlayStation 4 yang disebut DualShock 4. Tiap unit PlayStation 4 juga dilengkapi dengan kamera 3D, yang berfungsi sempurna dengan DualShock 4.


Berikut adalah beberapa teknologi terbaru yang terdapat didalam PlayStation 4 :

1.) Kontroler PlayStation 4 Dilengkapi Touchpad, Pelacak Kamera 3D dan Tombol Share


DualShock 4, kontroler baru PlayStation 4 yang dilengkapi dengan touchpad dan headphone jack. Kontroler tersebut akan dilengkapi dengan tombol share dan indikator lampu atua light bar tengah bagian bawah yang akan mengidentifikasi pemain atau mengganti warna ketika bermain. Bentuk kontroler baru ini terlihat seperti versi ramping DualShock klasik.




Keberadaan light bar tersebut bukan sekadar aksesoris biasa karena kamera 3D bisa melacak gerakannya. Rancangan kontroler dibuat sedemikian rupa agar bisa memanfaatkan fitur baru seperti instant suspension mode yang akan menyimpan permainan dan mengubah posisi konsol ke low-power mode. Sementara tombol share berfungsi untuk menyiarkan game secara langsung kepada teman, yang kemudian bisa mengirim pesan ke layar Anda atau bahkan mengambil alih kontroler jika Anda mengizinkannya.


2.) Pemain Bisa Mengunggah Video Sambil Bermain Game di PlayStation 4

Sony menyampaikan bahwa pengguna akan bisa tetap bermain game online sebelum mereka selesai mengunduh sistem. Fitur ini dibuat menggunakan teknologi Gaikai yang dibeli Sony tahun lalu dan menggunakan prosesor background secara paralel.




Selain itu, sistem tersebut memiliki kemampuan untuk mengunduh game di background, bahkan ketika konsol dalam keadaan mati. Sony mengatakan bahwa pemain pun bisa mengunggah video ke internet ketika bermain game menggunakan prosesor background yang kedua. Artinya, ini akan mempermudah pemain untuk membagikan gameplay mereka ke jejaring sosial hampir secara realtime.



Sony juga mengumumkan bahwa pengguna bisa melihat video yang diunggah oleh pengguna lain dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Kecanggihan lain yang ditawarkan Sony adalah kemampuan sistem PlayStation 4 untuk aktif kembali dari mode sleep secara cepat.

Pengguna bisa mengaktifkan PlayStation 4 dari keadaan sleep hanya dengan memencet kontroler, dan akan bisa memainkan game mereka tepat seperti ketika mereka tinggalkan dan sistem kemudian masuk mode sleep. PlayStation 4 memiliki fitur low power yang akan secara automatis menyimpan game untuk pemain, sehingga mereka tak perlu khawatir untuk menyimpan game yang sedang mereka mainkan ketika mereka menyentuh tombol pause.



3.) PlayStation 4 Dapat Mainkan Game PS1, PS2 dan PS3

Kehadiran PlayStation 4 membuat orang bertanya, apakah PS4 bisa memainkan game milik PS3? Jawabannya adalah YA! Namun, Anda tak dapat memainkannya dari game aslinya atau dengan cara memasukkan CD game tersebut ke dalam konsol PS4.




Bahkan, tak hanya game PS3 yang dapat dimainkan di PlayStation 4. Ke depannya, PS4 dapat memainkan game dari PS2 hingga PS1. Hal ini dapat terjadi dengan teknologi game streaming milik Gaikai. Sony sendiri mengonfirmasi kebenarannya via akun Twitter resminya.





4.) Semua Game PlayStation 4 Akan Bisa Dimainkan di PS Vita

Salah satu fitur unggulan konsol terbaru ini adalah remote play untuk PS Vita, yang akan memungkinkan game PlayStation 4 dimainkan secara langsung di Vita.



"Tujuan jangka panjang kami adalah untuk membuat setiap game PS4 bisa dimainkan di Vita melalui WiFi," kata Sony. Strategi ini sama dengan yang kita lihat di Nintendo Wii U dan Nvidia Project Shield, dimana game konsol atau PC bisa di-streaming ke perangkat dengan layar lebih kecil.


5.) Semua Game PlayStation 4 Akan Bisa Diunduh Secara Digital

Dengan PlayStation 3 dan PlayStation Portable, Anda dapat mengunduh beberapa game. Namun, dengan PlayStation 4, sepertinya mengunduh secara digital akan menjadi metode utama distribusi game. Bos Sony Worldwide Studios Shuhei Yoshida kepada harian The Guardian mengatakan bawa tiap judul game PlayStation 4 akan tersedia secara digital.

"PS4 akan sama dengan PS Vita dalam hal tiap game akan tersedia secara digital untuk diunduh, dan beberapa di antaranya akan tersedia pula dalam bentuk cakram," katanya.



Dia menambahkan, jika pelanggan secara digital sudah semakin banyak, Sony bisa menawarkan pilihan untuk berlangganan kepada para pengguna. 


PS4 juga memiliki fitur teranyar yang memungkinkan Anda menunda dan melanjutkan permainan hanya dengan menekan tombol power. Sayangnya, belum diketahui berapa harga yang dibanderol Sony untuk sebuah PlayStation 4 yang akan resmi dipasarkan akhir tahun 2013 ini.


Referensi :





Tidak ada komentar :

Posting Komentar