Senin, 20 Mei 2013

Teknologi Game Berbasis Augmented Reality



AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dan ataupun 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata 3D lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.


Dengan berkembangnya teknologi smartphone saat ini, teknologi Augmented Reality untuk ponsel juga berkembang secara pesat. Contohnya pada permainan tangkap nyamuk, permainan tersebut menggunakan kamera ponsel untuk menjadikan dunia riil sekitar kita sebagai area permainan, sementar di layar ponsel kita akan terlihat objek yang seolah-olah berada di sekitar kita. Inilah yang dimaksud dengan teknologi AR, menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual.

Sejauh ini teknologi game berbasis augmented reality masih terus dikembangkan. Tidak hanya gamenya saja yang dikembangkan, dari segi perangkat pendukung juga dikembangkan agar teknologi game augmented reality akan semakin nyaman untuk dimainkan seperti gambar helm dibawah ini. kita dapat melihat augmented reality dengan lebih jelas dan bahkan akan terlihat seperti nyata.


Teknologi augmented reality ini diharapkan juga menambah tingkat kreatifitas dan kecerdasan anak, karena user akan langsung berinteraksi didalam game tersebut.


Selain itu game augmented reality juga dapat sebagai sarana refreshing dan hiburan dikala kita sedang bertemu dengan kerabat. Sehingga bermain game akan terasa lebih menyenangkan dengan melibatkan anggota tubuh kita sendiri sebagai controllernya.









Tidak ada komentar :

Posting Komentar